Mengenal Jenis dan Fungsi Alignment Pada Front Wheel Motor Grader

Motor grader adalah salah satu jenis alat berat yang punya roda sebanyak 6 buah, juga memiliki pisau panjang atau blade. Alat berat ini memiliki salah satu komponen yang disebut dengan front wheel.

 

Apa itu front wheel motor grader? Ini adalah komponen yang bertugas untuk proses perpindahan. Bagian ini terdiri dari dua roda di sisi depan grader. Nah, Pada front wheel motor grader terdapat sebuah mekanisme yang disebut dengan alignment. 

 

Pada kendaraan yang dibelokkan menggunakan dua roda depan, roda tersebut dipasang menggunakan cara khusus. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kemudahan, kestabilan, dan ketepatan pada steering. Mekanisme tersebut dikenal dengan sebutan alignment pada front wheel motor grader.

 

Jenis dan Fungsi Alignment pada Front Wheel Motor Grader

 

 

 

 

Alignment pada front wheel motor grader memiliki peran yang penting dalam pergerakan steering wheel. Setiap komponennya berfungsi saling berkesinambungan sehingga memudahkan operator dalam mengoperasikan alat berat tersebut.

 

Berikut ini adalah jenis dan fungsi alignment pada front wheel motor grader:

 

1. Camber

 

Roda depan pada motor grader dapat bergerak secara unik. Tidak seperti roda pada sepeda mobil yang hanya tegak lurus, roda pada motor grader bisa miring hingga 75 derajat.

 

Kemiringan atau slanting pada roda depan motor grader disebut dengan camber. Pada kondisi ini, bagian alas roda menjauh dari unit dibandingkan dengan roda bagian bawah yang berkontak dengan tanah.

 

2. Toe-in

 

Istilah toe-in mengacu pada tepi bagian depan ban yang mengarah sedikit ke dalam. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas, serta mengurangi keausan ban.

 

Perlu diketahui, ketika motor grader berjalan dengan sudut camber, gaya yang cenderung menekan sisi luar roda depan akan meningkatkan hambatan terhadap permukaan tanah pada roda. Hal ini bisa mengakibatkan penurunan stabilitas dan mempercepat keausan roda.

 

Namun, dengan pemasangan roda yang menyempit pada bagian depannya (toe-in), risiko tersebut bisa diminimalkan. 

 

3. King Pin Angle of Inclination

 

King pin angle of inclination tidak benar-benar tegak lurus terhadap permukaan tanah, tetapi cenderung sedikit miring ke dalam. Bersamaan dengan camber, sudut inclination tersebut bisa berperan dalam memudahkan operator dalam mengoperasikan alat berat.

 

Saat motor grader berjalan dengan king pin angle of inclination, roda depan akan cenderung terangkat ke atas. Hal ini merupakan efek dari gaya yang cenderung mengembalikan roda ke posisi semula.

 

4. Caster

 

Caster menunjukkan sudut pada king pin. Artinya, saat posisi king pin dipasang miring, titik kontak antara roda dan permukaan tanah akan mundur.

 

Karena alasan tersebut, terjadi sebuah gaya yang akan selalu menekan roda ke arah belakang ketika motor grader berjalan. Gaya tekan ke belakang juga akan membantu mempertahankan, sekaligus mempercepat posisi steering wheel kembali ke posisi semula.

 

Kesimpulan

 

Alignment pada front wheel motor grader memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Meski begitu, semua jenis alignment  tersebut dapat membantu operator dalam mengoperasikan motor grader dengan lebih optimal. 

 

***

Butuh alat berat atau spare part bermutu dan berkualitas? Anda bisa mendapatkannya di BCTN!

 

BCTN adalah distributor resmi alat berat LiuGong Indonesia. Kami menyediakan alat berat bervariasi, sesuai kebutuhan Anda. BCTN juga menyediakan suku cadang, inspeksi mesin lengkap, hingga perawatan untuk alat berat. Cari tahu selengkapnya dengan klik hubungi kami!

Bagikan Artikel Ini Facebook Twitter
<< Kembali Ke Halaman Sebelumnya
Your Message Has Been Sent..