Perbedaan dan Fungsi Roda Kelabang vs Roda Ban Karet

 

Alat berat dalam dunia industri dan konstruksi difungsikan untuk memudahkan dan menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan dengan efektif. 

 

Untuk itu, ada banyak jenis alat dan mesin berat yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan berbagai kegiatan industri. Tentunya, hal penting yang diperhatikan adalah kualitas komponen, seperti sistem roda. 

 

 

Baca Juga: Kenali Alat Berat Konstruksi Berdasarkan Jenis Pekerjaannya

 

 

Sistem roda terdiri dari berbagai jenis untuk kebutuhan yang berbeda. Setidaknya ada dua jenis roda yakni roda kelabang dan roda ban karet. Walau dengan fungsi yang hampir sama, tapi punya perbedaan yang signifikan. Apa saja? 

 

 

Roda Kelabang


<a style=Roda Kelabang Vs Roda Ban Karet" src="https://bctn.co.id/uploads/filemanager/Roda%20Kelabang.jpg" style="width:80%" />

 

Roda kelabang, juga dikenal sebagai crawler, adalah jenis roda berbahan besi atau baja yang dipasang pada sistem rantai yang melingkar dan mengelilingi di sekitar roda gigi yang terhubung dengan mesin. Jenis roda ini digunakan pada alat berat seperti excavator, tank dan lainnya karena difungsikan untuk kendaraan yang butuh gesekan besar antara permukaan tanah dan roda. 

 

Kelebihan

 

- Memiliki daya cengkram tinggi karena jenis roda ini diperuntukkan untuk berbagai jenis medan, seperti tanah berlumpur, berbatu, dan berpasir. 

 

- Roda kelabang juga memiliki stabilitas yang baik karena dapat mendistribusi berat secara merata, sehingga mengurangi risiko terguling ketika digunakan di medan sulit.

 

- Berbahan kuat dan kualitas tinggi, roda kelabang dinilai tahan kondisi ekstrem dan punya daya tahan tinggi. 

 

Kekurangan

 

- Roda kelabang umumnya punya kecepatan maksimum yang lebih rendah daripada roda ban karet yakni 8-16 kilometer/jam, sehingga dinilai kurang efisien untuk pekerjaan dengan mobilitas cepat dan tinggi. 

 

- Sistem track butuh perawatan rutin dan biaya mahal lebih tinggi karena terdiri dari komponen yang kompleks sehingga wajib dirawat dengan teratur dan tepat. 

 

 

Roda Ban Karet

 

<a style=Roda Kelabang Vs Roda Ban Karet" src="https://bctn.co.id/uploads/filemanager/Roda%20Ban%20Karet.jpg" style="width:80%" />

 

Roda ban karet merupakan jenis roda dengan ban berbahan karet dan diisi udara. Roda ini biasa digunakan untuk kendaraan, seperti truk, loader, dan jenis lainnya yang butuh mobilitas dan kecepatan tinggi. Penggunaan roda ini dapat disesuaikan dengan area yang dikerjakan. 

 

Kelebihan

 

- Memiliki mobilitas yang lebih tinggi dari jenis kelabang yakni kecepatan 12-41 kilometer/jam. Sehingga memungkinkan alat berat bergerak dengan cepat dan lebih efisien untuk pekerjaan dengan perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lain secara cepat. 

 

- Perawatan roda ban karet juga lebih mudah dengan biaya yang lebih terjangkau. Penggantian ban juga bisa dilakukan dengan mudah. 

 

- Ban karet bisa digunakan untuk berbagai jenis area, namun cukup sensitif di jalanan licin. 

 

Kekurangan

 

- Daya cengkram roda ban karet lebih rendah di area lumpur dan pasir. 

 

- Ban karet lebih mudah rusak karena benda tajam dan medan berat, sehingga penggantian lebih sering. 

 

 

Fungsi dan Penggunaan

 

<a style=Roda Kelabang Vs Roda Ban Karet" src="https://bctn.co.id/uploads/filemanager/fungsi%20Roda%20Kelabang%20vs%20Roda%20Ban%20Karet.jpg" style="width:80%" />

 

Roda Kelabang

 

Fungsi roda kelabang memberikan stabilitas dan daya cengkram kuat, sehingga roda ini sering diaplikasikan pada alat berat yang beroperasi di area berat dan tidak rata, dan diperuntukkan untuk kegiatan konstruksi jalan, tambang, dan lainnya. 

 

Roda Ban Karet

 

Fungsi utama roda ban karet adalah memberikan kecepatan dan fleksibilitas yang lebih tinggi, sehingga alat berat mudah berpindah tempat. Roda ini dipasang pada alat berat yang butuh mobilitas tinggi dan bekerja di area lebih stabil seperti jalan raya, hingga kawasan pelabuhan. 

 

 

Roda Kelabang vs Roda Ban Karet

 

<a style=Roda Kelabang Vs Roda Ban Karet" src="https://bctn.co.id/uploads/filemanager/Fungsi%20dan%20Penggunaan.jpg" style="width:80%" />

 

Bahan 

 

Untuk roda kelabang berbahan besi dan baja, sementara roda karet berbahan Polimer/Polipropilena (Karet)

 

Kondisi jalan

 

Untuk roda kelabang dapat digunakan untuk beragam jenis permukaan tanah, dari yang berlumpur hingga kasar. Untuk jenis roda karet dapat digunakan untuk tanah padat dan tanah gembur, namun tidak cocok untuk permukaan yang licin dan berlumpur. 

 

Kecepatan 

 

kecepatan pada roda kelabang adalah kecepatan 8 – 16 km/jam dan untuk roda ban karet dengan kecepatan 12 hingga 41 km/jam

 

Jarak Tempuh

 

Perbedaan lainnya juga dari jarak tempuh, dimana jenis roda kelabang dapat digunakan untuk jarak tempuh pendek atau dekat, berbeda dengan roda karet, dapat digunakan untuk jarak tempuh jauh. 

 

 

 

Kesimpulan

 

Roda kelabang dan roda ban karet punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai penggunaannya. Pemilihan jenis roda yang tepat tentu akan membantu memenuhi kebutuhan operasional. 

 

Dengan memahami perbedaan dan fungsi masing-masing jenis roda, Anda dapat mengoptimalkan kinerja alat berat dan efisiensi kerja.

 

***

 

Untuk kebutuhan alat berat dengan suku cadang berkualitas, BCTN jawabannya. Menjadi distributor resmi alat berat LiuGong Indonesia, ada berbagai produk alat berat, perawatan, suku cadang, hingga inspeksi mesin yang siap membantu Anda. 


Untuk info lanjut, hubungi kami.

 

<< Kembali Ke Halaman Sebelumnya
Your Message Has Been Sent..